Simulasi CAT Tes CPNS CASN

Simulasi CAT Tes CPNS. Penerimaan CPNS atau CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) di Indonesia merupakan informasi yang selalu ditunggu-tunggu oleh publik. Semakin banyaknya para pencari kerja yang berkeinginan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Seleksi CPNS selalu dipadati untuk menjadi bagian dari aparatur negara dan mengabdi untuk negara.

Simulasi CAT Tes CPNS

Menteri PANRB semakin mendorong kinerja para PNS untuk memberi pelayanan yang profesional dan bermutu kepada masyarakat dan Penerimaan CPNS akan diprioritaskan dari lulusan terbaik setiap Universitas di Indonesia.

Dalam tahap penerimaan CPNS akan dilakukan sistem CAT. Apa itu CAT? CAT singkatan dari istilah bahasa Inggris yaitu Computer Assisted Test (CAT). Mengapa harus menggunakan sistem CAT? Sistem CAT dilahirkan agar memudahkan pemerintah dalam proses rekrutmen CPNS atau CASN.

Disamping itu, hadirnya sistem CAT ini mendorong perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil yang adil untuk menghasilkan tenaga yang profesional. Tes melalui sistem CAT ini terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK).

Sejauh ini, ada banyak website yang sudah menjual berbagai soal atau kisi-kisi soal tes CPNS dan tidak hanya dalam bentuk e-book tetapi juga sudah banyak yang menjual dalam bentuk program (software) sehingga memudahkan para CPNS untuk bersimulasi dengan tes CAT saat penerimaan CPNS nanti.

Nilai harga jual yang dipasarkan diwebsite sangat terjangka, dan simulasi CAT melalui software tersebut bisa digunakan di komputer (off-line) dan juga di komputer yang sedang online atau terhubung dengan Internet. Sebagai contoh, software simulasi CAT dan soal kisi-kisi CPNS seperti ada dijual di website latihansoal.com dengan harga yang sangat terjangkau dan sudah termasuk bonus yang diberikan oleh pengelola website tersebut.

Latihan Tes CPNS Sistem CAT

Hadirnya sistem CAT ini membuat para CPNS dan proses rekrutmen lebih efektif. Computer Assisted Test (CAT) sendiri berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai yang bertujuan:

  1. Mempercepat proses pemeriksaaan dan laporan hasil ujian dari pelamar (CPNS)
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

Dilihat dari tujuan pemerintah menghadirkan sistem CAT membuat para CPNS merasa adil dalam proses rekrutmen CPNS karena hal ini akan terhindar dari iming-iming akan diterimanya seorang pelamar lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Beberapa manfaat dalam menggunakan sistem CAT ini adalah peserta tes (CPNS) dapat mendaftarkan diri melalui internet, juga dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh. Semua jenis tes sudah dapat diakses didalam komputer seperti tes komputerisasi yang terdiri dari tes pengetahuan umum, test bakat kolastik dan tes skala kematangan dan juga tes kepegawaian yang terdiri dari tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian dan tes skala kematangan.

Manfaat yang lain dalam menggunakan sistem CAT ini adalah nilai atau penilaian untuk hasil ujian atau hasil tes dilakukan secara obyektif dan tidak ada rekayasa didalamnya karena langsung diprogram didalam sistem komputerisasi. Dan yang terakhir adalah, dengan sistem CAT ini para CPNS atau peserta langsung dapat melihat hasil atau capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.

Sistem CAT ini memiliki karakteristik dimana aplikasi dapat dijalankan pada komputer atau laptop dengan platform windows berbasis Web guna mempermudah pengembangan jangka panjang. Aplikasi sistem CAT ini juga menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer. Aplikasi disertai dengan video gerakan mouse sehingga pengguna atau peserta dapat dengan mudah menggunakannya.

Dengan selalu menunjang nilai transparansi dalam proses Rekrutmen atau Penerimaan CPNS, simulasi ini sudah dapat di lakukan oleh publik secara gratis. Melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN), simulai CAT ini sudah dapat diakses oleh publik dan bisa melakukan tes secara online.

Lewat fasilitas ini, Panitia Seleksi Nasional (Panitia Seleksi Nasional) akan memudahkan publik atau para CPNS paham dan punya pengetahuan terlebih dahulu dalam mengoperasikan Sistem CAT sehingga pada saat Penerimaan CPNS nanti sudah ada gambaran dan diharapkan para peserta lulus dalam tahap Sistem CAT untuk menjadi PNS.

Bagi Anda yang belum mengetahu simulasi CAT tes CPNS CASN secara online dan gratis yang dipublikasikan dalam website BKN ini, Anda bisa langsung simulasi melalui laman resmi dari website BKN di alamat situs http://cat.bkn.go.id/simulasi atau Anda juga bisa melalui link Simulasi CAT CPNS.

Setelah melakukan tes ini, Anda langsung bisa melihat nilai skor yang Anda peroleh dalam menjawab semua pertanyaan. Untuk memulai tes ini, Anda akan diminta memasukkan E-mail serta password untuk log ini. Bila belum memiliki akun, Anda bisa registrasi di http://cat.bkn.go.id/simulasi/daftar/.

Simulasi CAT tes CPNS CASN mempermudah para pelamar dalam menghadapi tes CAT yang akan datang. Semoga informasi ini membantu saudara dan tetap mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian penerimaan CPNS dikemudian hari.

Sukses selalu buat Anda.

*FOTO: menpan.go.id

Updated: 11 Oktober 2018
Pengumuman!
Perlu diperhatikan bahwa situs seleksiCPNS.net ini tidak ada kaitan apapun dengan website resmi pemerintahan seperti menpan.go.id atau bkn.go.id. Situs seleksiCPNS.net hanya media yang membantu menginformasikan ke publik tentang Seleksi CPNS Tahun 2018 (bila sudah resmi dibuka oleh menpan.go.id) dan tetap bersumber dari website resmi pemerintahan tadi. Terima kasih.